Kamis, 01 April 2010

Pemkab Sarolangun Bangun POS Ternak

SAROLANGUN, MS
BELUM lama ini, Bupati Sarolangun, Jambi, H Hasan Basri Agus (HBA) dan Wakil Bupati Cek Endra, meresmikan perkampungan ternak di Desa Bukitsuban, Airhitam. Selain itu, di tahun ini, Pemkab setempat juga akan membangun dua pos terpadu pelayanan ternak di Desa Bukit Suban, dan Desa Bukitmurau, Singkut.
Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sarolangun, Sakwan menerangkan pembangunan dua unit pos terpadu pelayanan ternak tersebut merupakan wujud dari keseriusan pemerintah dalam pengembangkan ternak di Bumi seupucuk adat serumpun pseko dalam upaya menjadikan Kabupaten Sarolangun sebagai sentra ternak.
Dengan adanya pos terpadu pelayanan terhadap kesehatan dan tumbuh kembang ternak dapat dioptimalkan. Lebih lanjut kata Sakwan, masing-masing unit pos terpadu pelayanan ternak akan dilengkapi dengan sarana dan prasarana seperti pelayanan inseminasi buatan yang bertujuan untuk melakukan akselerasi pertumbuhan produksi ternak.
Selain itu, di masing-masing pos akan ditempatkan petugas penyuluh dan Pembina ternak yang tugasnya melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat terkait segala hal yang menyangkut dengan peternakan. “Kita juga menyediakan dokter hewan (paramedic ternak) yang sewaktu-waktu bisa turun dan mengecek kesehatan ternak,” terangnya.
Untuk lebih memudahkan petugas penyuluh dan dokter hewan mengidentifikasi warga pemilik ternak, Dinas peternakan dan perikanan Sarolangun juga akan memasang identitas khusus berupa stiker di setiap rumah peternak. Isinya berupa penjelasan seperti identitas pemilik, jumlah ternak, ras ternak dan lainnya. “Langkah ini bertujuan untuk lebih memudahkan petugas dalam mengidentifikasi siapa saja yang memiliki ternak di setiap desa sehingga akan memudahkan penanganannya,” ungkap Sakwan. (Aang Kunaefi)

0 komentar:

© 2008 Por *Templates para Você*