Senin, 17 Mei 2010

Utamakan Kepentingan Masyarakat

SAROLANGUN, MS
DUA periode menjabat kepala desa, M.Yunus membawa banyak perubahan bagi masyarakat Desa Dusun Baru, Airhitam, Kabupaten Sarolangun, Jambi.
Kepada MS, pria berperawakan kecil dan memiliki jiwa sosial tinggi ini menceritakan, di awal jabatannya tahun 2000 lalu, keadaan desanya sangat memprihatinkan. Kala itu, kenang alumni MAN 40 Kota Jambi, masih banyak warga yang minum air mentah, sehingga angka kematian di desanya pernah mencapai 20 jiwa sebulan. “Masyarakat belum paham pola hidup bersih,” kata suami Erwati.
Menurutnya, hal ini membuat ia prihatin dan melecut semangatnya untuk mencalonkan diri menjadi kepala desa guna mengubah pola hidup tidak sehat yang telah menjadi budaya warganya. “Alhamdulillah, sekarang masyarakat sudah paham betul pola hidup sehat,” ujar ayah Umi Toyiba (14), wahyu (12), dan Farhan (3).
M Yunus patut bersyukur. Tangan dinginnya selama memimpin Desa Dusun Baru membuat pola hidup masyarakat berubah drastis. Terlihat dari angka pertumbuhan penduduk dari 1.600 jiwa (340 KK), sekarang menjadi 4.000 jiwa (750 KK). Selain itu, saat ini di desanya juga sudah tersedia sarana pelayanan kesehatan seperti poskesdes. Sedangkan untuk sarana pendidikan, juga sudah ada TK, SD, MIS, dan MTs, serta tersedianya sarana transportasi jalan yang memadai.
Dilanjutkan, kalaulah boleh berharap, di akhir masa jabatannya, masih ada satu keinginan yang ingin diwujudkan M Yunus, menyangkut kepentingan masyarakatnya, yaitu tersedianya sekolah menengah atas, sehingga anak-anak di sana tidak lagi ke luar desa untuk melanjutkan pendidikan. “Intinya jabatan adalah amanah. Dan pelayanan masyarakat itu yang kita utamakan,” kata M Yunus, mengakhiri percakapan lepas yang berlangsung dalam suasana hangat di kediamannya belum lama ini. (Aang Kunaepi)

0 komentar:

© 2008 Por *Templates para Você*